Site icon Cenderawasih Pos

Arab Saudi vs Timnas Indonesia, Panggung Dua Bek Serie A Jay Idzes dan Saud

Jay Idzes (kiri) akan bertarung dengan Suad Abdulhamid di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. (pssi/asroma)

JAKARTA-Pertandingan Arab Saudi kontra Timnas Indonesia dini hari ini bukan sekadar laga pertama putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Duel itu jadi panggung dua bek tangguh kedua tim, Jay Idzes dan Saud Abdulhamid yang saat ini sama-sama berkarier di Serie A 2024/2025.

Ya, ada gengsi dan harga diri yang dipertaruhkan dalam pertarungan dini hari nanti. Pasalnya, baik Jay Idzes maupun Saud Abdulhamid jadi satu-satunya pemain di tim masing-masing yang bermain dalam kompetisi top Eropa.

Jay Idzes misalnya. Dia termasuk dalam skuad Venezia FC, klub yang baru promosi dari Serie B musim lalu. Jay Idzes pun telah menasbihkan diri sebagai orang Indonesia pertama yang bermain di Serie A.

Meski sempat absen pada pekan perdana Serie A 2024/2025, Jay Idzes akhirnya merasakan debut di kompetisi kasta tertinggi Italia tersebut pada pekan kedua. Dia diberi kepercayaan oleh pelatih Eusebio Di Francesco turun sebagai starter saat Venezia menghadapi Fiorentina.

Jay Idzes tercatat bermain selama 68 menit sebelum akhirnya digantikan oleh Michael Svoboda. Hasilnya, Venezia FC berhasil mencuri satu angka dari Stadio Artemio Franchi usai bermain imbang 0-0.

Dalam laga debutnya itu, Jay Idzes mencatatkan satu tekel sukses, tiga kali pelanggaran dan melakukan umpan sebanyak 50 kali. Dia ditarik keluar dan gagal bermain 90 menit karena sempat mengalami kram kaki di laga ini.

Jay Idzes baru dapat kesempatan main penuh pada pekan ketiga. Tepatnya saat Venezia FC kalah 1-0 dari Torino di Stadion Pier Luigi Penzo, Venice pada 30 Agustus lalu.

Meski gagal membawa Venezia menang, penampilan Jay Idzes dinilai oleh media Italia sangat solid. Dia bahkan sempat melakukan satu penyelamatan krusial di bibir gawang dan menghindarkan Venezia kebobolan untuk kali kedua.

Sama krusialnya dengan Jay Idzes, Saud Abdulhamid juga ternyata mencetak sejarah. Dia menjadi pemain Arab Saudi pertama yang berkarier di Serie A. Menariknya, sejarah itu tercipta pada musim ini, sama seperti Jay Idzes.

Saud Abdulhamid dipinang oleh AS Roma menjelang bursa transfer ditutup. Tepatnya pada 28 Agustus lalu, di mana Abdulhamid ditebus dari Al Hilal dengan harga 3 juta euro. Dia akan mengenakan nomor 12 untuk tim besutan Danielle De Rossi musim ini.

Pemain berusia 25 tahun itu direkrut setelah tampil apik dan jadi bagian penting saat Al Hilal menjuarai Saudi Pro League musim lalu dengan rekor tak terkalahkan dalam 34 laga. Berposisi sebagai fullback kanan, Saud Abdulhamid tercatat berhasil mencetak tiga gol dan lima assist dalam 32 penampilan di liga musim lalu.

Nah, di Serie A 2024/2025, Saud Abdulhamid urung melakukan debut. Sejak direkrut pada akhir Agustus lalu, dia hanya masuk dalam line-up saat AS Roma bermain imbang 0-0 dengan Juventus. Saud Abdulhamid duduk di bangku cadangan selama pertandingan.

Walau begitu, tetap menarik dinantikan bagaimana performa Jay Idzes dan Saud Abdulhamid dalam pertandingan Arab Saudi versus Timnas Indonesia di Stadion King Abdullah Sport City, Jeddah, dini hari nanti. (*)

SUMBER: JAWAPOS

Exit mobile version