Site icon Cenderawasih Pos

Anjuran 4 Amalan untuk Perempuan Haid saat Malam Lailatul Qadar

Ilustrasi perempuan beribadah (Freepik)

TERDAPAT banyak keutamaan bagi siapapun yang menghidupkan Malam Lailatul Qadar.

Pada malam lailatul qadar menyimpan banyak keberkahan karena malam tersebut lebih baik daripada 1000 bulan. Bagi siapapun yang beribadah di malam-malam terakhir bulan ramadhan, baik laki – laki atau perempuan.

Namun bagi perempuan yang sedang haid terdapat sedikit perbedaan saat beribadah dalam malam lailatul qadar.

Berikut anjuran amalan apa yang dapat dikerjakan oleh perempuan haid untuk memperoleh malam tersebut menurut situs Nu Online.

Dikutip dari sebuah tulisan berjudul “Apakah Wanita Haid Bisa Peroleh Keutamaan Lailatul Qadar?” karya KH Mahbub Maafi.

Dijelaskan, semua makhluk Tuhan yang ada dimuka bumi berhak mendapatkan keutaman malam lailatul qadar termasuk perempuan haid dan umat yang sedang tidur sekalipun.

Pernyataan tersebut merupakan kutipan dari kitab Lathaiful Ma’arif, [Beirut: Dar Ibn Hazm], halaman 192 karya Ibnu Rajab Al-Hanbali, yang berbunyi :

‎قَالَ جُوَيْبِرٌ : قُلْتُ لِلضَّحَّاكِ : أَرَأَيْتَ النُّفَسَاءَ وَ الْحَائِضَ وَ الْمُسَافِرَ وَ النَّائِمَ لَهُمْ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ نَصِيبٌ ؟ قَالَ : نَعَمْ كُلُّ مَنْ تَقَبَّلَ اللهُ عَمَلَهُ سَيُعْطِيهِ نَصِيبَهُ مِنْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ

Artinya: “Jubair berkata, ‘Aku pernah bertanya kepada Adh-Dhahhak, bagaimana pendapatmu mengenai wanita yang sedang nifas, haid, orang yang bepergian (musafir), dan orang tidur, apakah mereka bisa memperoleh bagian dari Lailatul Qadar?

Jawabnya, ya, mereka masih bisa memperoleh bagian. Setiap orang yang Allah swt menerima amalnya maka Allah swt akan memberikan bagiannya dari Lailatul Qadar”.

Adapun anjuran amalan perempuan haid agar memperoleh keberkahan malam Lailatul Qadar sebagai berikut:

Perbanyak Membaca Surat Pendek

Amalan bagi perempuan haid pada malam lailatul qadar adalah perbanyak membaca surat pendek yang ada di dalam Al-Quran.

Uh akan bacalah surat pendek yang paling sering didengar atau dibaca seperti surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, Al-Fatihah dan lain sebagainya.

Perbanyak Membaca Shalawat

Perempuan haid pada malam lailatul qadar diperbolehkan untuk melantunkan shalawat kepada Nabi Muhammad Saw.

Tidak harus membaca shalawat yang panjang, cukup bacalah Sholallah Ala Muhammad berulang ulang.

Perbanyak Sedekah

Sedekah sangat dianjurkan saat bulan Ramadhan apalagi saat lailatul qadar karena banyak manfaat dan kebaikan didalamnya.

Ini menjadi salah satu alternatif bagi para perempuan yang sedang haid untuk memperbanyak agar bisa meraih keberkahan malam lailatul qadar.

Melakukan Diskusi Keilmuan

Karena perempuan haid diharamkan untuk sholat dan membaca Al-Quran makan diskusi pada malam lailatul qadar sangat dianjurkan.

Buatlah suatu fokus khusu untuk membahas berbagai keilmuan Islam pada saat malam lailatul qadar bersama dengan orang – orang yang sholeh atau sholehah.

Baiklah demikian ulasan singkat mengenai anjuran amalan perempuan saat sedang haid pada malam lailatul qadar, semoga bermanfaat. (*)

Sumber: Jawapos

Exit mobile version