Site icon Cenderawasih Pos

Keutamaan Sedekah Subuh, Amal Mulia Mengawali Hari

Ilustrasi orang yang sedang bersedekah. (freepik)

Sedekah merupakan salah satu amal ibadah yang dianjurkan dalam agama Islam. Memberikan sedekah tidak hanya memberi manfaat bagi penerima, tetapi juga membawa berkah dan pahala bagi orang yang bersedekah.

Di antara waktu-waktu yang sangat dianjurkan untuk bersedekah adalah saat Subuh, ketika matahari baru terbit dan dunia masih terlelap dalam tidur.

Dilansir dari kanal YouTube Dakwah Islam, Syekh Ali Jaber menyampaikan bahwa waktu yang terbaik untuk bersedekah adalah pada waktu subuh. Setiap waktu subuh Allah SWT turunkan malaikat yang bertugas untuk mendoakan orang yang bersedekah di waktu subuh.

Untuk dapat bersedekah subuh tidak perlu mencari anak yatim dan orang miskin di subuh hari. Siapkan tempat khusus seperti kotak amal atau kaleng untuk disimpan di rumah. Lalu setiap habis sholat subuh sebelum beraktivitas isi tempat khusus yang telah disiapkan tersebut dengan sedekah.

Dengan bersedekah subuh dan disertai doa, Allah akan mengabulkan doa Anda. Selain itu, dengan bersedekah subuh akan mendapatkan pahala yang luar biasa.

Nabi Muhammad SAW menyebutkan dalam beberapa hadis tentang keutamaan sedekah yang diberikan di waktu subuh. Di antaranya beliau bersabda Bersegeralah dalam bersedekah, karena bencana tidak akan mendahului sedekah dan tidak ada sedekah yang dapat mengurangi umur. (HR. Tirmidzi) .

Manfaat lain dari sedekah subuh yaitu didekatkan pada pintu surga dan dijauhkan dari api neraka. Umat muslim dianjurkan untuk mengamalkan sedekah subuh agar terhindar dari siksa api neraka.

Hal itu sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah hadis Orang yang memberikan atau menyumbang dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh satu dari pintu surga. (HR. Bukhari dan Muslim).

Selanjutnya, setiap muslim yang mengamalkan sedekah subuh akan dihapus dosanya. Selain itu, Allah SWT akan memberikan pahala kebaikan yang berlimpah kepada setiap orang yang mau bersedekah.

Hal tersebut sebagaimana tercantum dalam salah satu hadis Rasulullah SAW bersabda Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api. (HR. Tirmidzi).

Sedekah pada waktu subuh juga dapat menjadi pengingat untuk lebih peduli terhadap kondisi sosial di sekitar. Ketika memberikan sedekah pada waktu subuh, disadari bahwa masih banyak orang yang membutuhkan bantuan dan terdorong untuk lebih aktif dalam membantu sesama, baik melalui sedekah maupun aksi sosial lain.

Dengan mengamalkan sedekah di waktu subuh, tidak hanya meraih pahala yang besar dari Allah SWT, tetapi juga menyuburkan rasa empati dan kepedulian sosial.(*)

SUMBER:Jawapos

Exit mobile version