Site icon Cenderawasih Pos

Manfaat dan Pahala Menunaikan Sholat Qabliyah Subuh saat Ramadhan

Ilustrasi umat muslim tengah melakukan ibadah sholat. (https://id.pinterest.com/)

MEMASUKI bulan suci ramadhan, seluruh ibadah yang dilakukan umat muslim akan dilipatgandakan nilai pahalanya. Salah satunya, sholat qobliyah, yaitu ibadah sunnah yang sangat besar manfaatnya bagi umat muslim yang melakukannya di bulan yang suci ini.

Umat muslim sebelum menjalankan shalat subuh dianjurkan melaksanakan sholat sunnah qobliyah shubuh atau sholat sunnah Fajar sebanyak dua raka’at.

Bagi yang menjalankan sholat qobliyah subuh secara rutin di bulan ramadhan, senantisa diberikan cahaya. Cahaya keberkahan ini tentu hanya akan diperoleh dan diberikan kepada mereka yang benar-benar tekun dalam menjalankan ibadahnya.

Dalam hadits dijelaskan berbagai keutamaan melaksanakan sholat fajar. Hadits yang cukup masyhur adalah hadits yang diriwayatkan oleh Sayyidah ‘Aisyah berikut:
رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا
“Dua rakaat sholat fajar lebih utama dari dunia dan seisinya” (HR. Muslim). Dikutip dari islam.nu.or.id

Dalam lafazh menunjukkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melaksanakan sholat Sunnah Fajar dengan raka’at yang ringan. Sholat qabliyah Subuh sangat dahsyat pahalanya.

Rasulullah bersabda, sholat qabliyah Subuh pahalanya lebih besar dan lebih baik daripada bumi dan seisinya. “Nilainya lebih baik dan lebih besar, bukan sama dengan bumi dan seisinya, tapi lebih baik daripada itu. Dari Ibnu ‘Umar, dari Hafshoh, ia mengatakan, “Ketika terbit fajar Shubuh, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah sholat kecuali dengan dua raka’at yang ringan” (HR. Muslim no. 723).

Adapun manfaat sholat qobliyah subuh diantaranya yang dikutip dari islampos.com sebagai berikut:

1. Lebih Baik Dari Dunia dan Seisinya
Dapat memperoleh kebaikan yang nilainya lebih dari pada kebaikan seisi dunia. Sebagaimana Dalam shahih Muslim terdapat hadits dari ‘Aisyah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Dua raka’at sunnah fajar (qobliyah shubuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.”

2. Mendapatkan Pahala yang Berlimpah
Dalam setiap amalan, tentunya didalamnya akan bernilai akan kebaikan. Selain itu juga, tidak dipungkiri bahwa aliran pahala yang berlimpah juga akan diberikan kepada UmatNya yang tekun menjalankan ibadah. Tidak hanya ibadah wajib melainkam juga ibadah sunnah dimana didalamnya termasuk keutamaan sholat Qobliyah subuh.

Tentunya pahala yang diperoleh dari ibadah ini nilainya akan berlimpah ruah. Karena itulah, akan sangat disayangkan untuk melewati 2 rakaat dalam sunnah Qabliyah ini. Sebab keutamaan sunnah qabliyah ini bisa menjadi tambahan pahala bagi semua selama berada di dunia.

3. Mendapatkan Keutamaan Akhirat
Keutamaan sunnah qobliyah yang satu ini sangat didambakan oleh semua umat islam. Yaitu, mendapat keutamaan di akhirat kelak. Ibadah merupakan salah satu cara bagi kita untuk mendapatkan pahala. Pahala inilah yang kemudian akan menjadi bekal kelak di akhirat sebagaimana shalat fardhu.

4. Akan Diberikan Jaminan Keutamaan di Akhirat
Sebab pahala yang diperoleh nantinya akan menjadi bekal yang mengiringi perjalanan di akhirat. Selain itu, Allah SWT juga menjanjikan kenikmatan yang luar biasa.
Siapapun yang senantiasan menjalankan Sholat Sunnah Qobliyah Subuh secara rutin akan dibangunkan hunian di surga. Sebagaimana Ummu Habibah Radhiallaahu anha berkata.

“Aku telah mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasalam bersabda, Barangsiapa salat dalam sehari semalam dua belas rakaat akan dibangun untuknya rumah di Surga, yaitu; empat rakaat sebelum Dhuhur dan dua rakaat sesudahnya, dua rakaat sesudah maghrib, dua rakaat sesudah Isya dan dua rakaat sebelum salat Subuh.” (HR. At-Tirmidzi, ia mengatakan, hadits ini hasan shahih)

5. Waktu Dimana Para Malaikat Turun
Waktu shubuh merupakan waktu dimana para malaikat turun dari langit. Mereka mencatat semua hal dari apa yang anda lakukan saat sholat subuh tiba. Tentunya dengan melaksanakan shalat qobliyah subuh maka tentu hal ini akan disaksikan oleh malaikat. Dengan demikian maka tentu malaikat yang turun akan ikut mendoakan hambaNya agar mendapatkan keberkahan.

6. Selalu Dalam Perlindungan Allah SWT
Diriwayatkan Jundab bin Sufyan, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa melaksanakan shalat Subuh maka ia dalam jaminan ALLAH SWT. Maka jangan coba-coba membuat ALLAH SWT membuktikan janji-NYA. Barangsiapa membunuh orang yang menunaikan shalat Subuh, ALLAH SWT akan menuntutnya, sehingga ia akan membenamkan mukanya kedalam neraka.” (HR Muslim).

Dalam hadist ditegaskan bahwa mereka yang melaksanakan sholat qobliyah subuh senantiasa akan selalu berada dalam lindungan Allah SWT. Tentu saja hal ini merupakan sebuah keberkahan serta jaminan yang diberikan keada mereka yang rutin melaksanakan sholat qobliyah. Sesungguhnya Allah SWT tidak akan pernah mengingkari janjinya. Keutamaan lain uang diberikn kepada mereka yang melaksanakan sholat qobliyah yakni diharamkan tubuhnya disentuh api neraka sebagaimana juga keutamaan sholat dhuha.

Tentunya bagi yang rutin melaksanakan sholat qobliyah maka sudah tentu akan dijauhkan dari api neraka. Mereka akan ditempatkam di surga yang berisi para bidadari. Ibnu Umar Radhiallaahu anhu berkata, “bahwa Nabi shallallahu alaihi wasalam bersabda: “Semoga Allah memberi rahmat bagi orang yang salat empat rakaat sebelum Ashar.”(HR. Abu Daud dan At-Tirmidzi, ia mengatakan, hadits ini hasan).

7. Memperoleh Keberkahan
Akan memperoleh keberkahan sebagaimana sholat jum’at. Sebagaimana mereka yang menjalankan ibadah sunnah lainnya. Berapa jumlah rakaat shalat dhuha Keutamaan Shalat Dhuha waktu shalat dhuha, Hikmah Shalat, Keutamaan Sholat Qobliyah Subuh, shalat, Keutamaan Shalat Dhuha, Tata Cara Shalat Dhuha, Cara Shalat Taubat, Keutamaan Sunnah Qabliyah Shubuh. Seperti rezeki yang dilapangkan, pintu surga yang dibukakan, serta juga kebahagiaan baik kehidupan dunian maupun akhirat. Tentunya keberkahan-keberkahan ini jangan sampai kita sia-siakan. Pada saat hari kiamat tiba, maka dunia akan gelap gulita, manusia akan saling bertabrakan sebab mereka tak mampu meilhat apapun.(*)

Sumber: jawapos

Exit mobile version